Rabu, 24 November 2010

harga emas melemahhhhhhhhhhhhh

Harga Emas Tertekan Konflik Korea!


SINGAPURA - Kendati tipis, harga emas mengalami pelemahan pada hari ini. Pemicunya adalah konflik di Semenanjung Korea serta kekawatiran krisis keuangan di Irlandia.

Seperti dikutip dari Reuters, Rabu (24/11/2010), harga emas di pasar spot mengalami pelmahan tipis 0,2 persen menjadi USD1.372,95 per ounce setelah sebelumnya sempat menyentuh level tertingginya di USD1.382. Sementara di pasar berjangka Amerika Serikat (AS), emas melemah USD5,1 menjadi USD1.372,5 per ounce.

Situasi politik yang tidak stabil di Irlandia, bersama-sama dengan konflik di semenanjung Korea berhasil menekan harga sejumlah komoditi, serta euro karena para investor berbalik dari berisiko aset.

Uni Eropa mendesak Irlandia pada hari Selasa untuk menerapkan penghematan anggaran seperti yang dijanjikan negara tersebut kepada Uni Eropa dan IMF. Ini sebagai langkah politik untuk menyelematan perekonomian negara tersebut. Hasilnya, euro merana di posisi terendahnya dalam dua bulan ini. Ancaman pelemahan juga tampaknya masih akan berlanjut.

Sementara Korea Selatan memperingkatkan Korea Utara akan melakukan pembalasan besar-besaran jika mengambil langkah lebih agresif setelah Pyongyang digempur habis-habisan oleh Korea Utara. Serangan ini merupakan serangan terhebat sejak Perang Korea berakhir pada tahun 1953.

Pasar saham AS mengalami pelemahan akibat investor melakukan aksi jual akibat ketegangan di semenanjung Korea dan sebagai dan kekhawatiran utang di Zona Euro.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar