Rabu, 07 April 2010

ELSHA INDAH CECILIA,20207399,3EB03 (PENELITIAN TENTANG MISI PERDAGANGAN BEBAS TUGAS RISET AKUNTANSI )

Misi Dagang AS Jajaki Dagang di Indonesia
Menteri Perdagangan Mari Elka Pangestu akan melakukan pembicaraan dengan misi dagang asal Amerika Serikat (AS). Tujuannya untuk meningkatkan volume perdagangan antarkedua negara pascakrisis.
Pengusaha Negeri Paman Sam, mengincar industri minyak kelapa sawit (Crude Palm Oil/CPO), sepatu, furnitur, tekstil. Rencananya mereka akan datang pada awal bulan depan.
"Kita minta supaya mereka menjelaskan regulasinya di sana, terkait hal yang mempengaruhi produk ekspor kita," ujar Mari seusai membuka Seminar "Meningkatkan Potensi Ritel Domestik Guna Menghadapi Perdagangan Bebas (ACFTA) Dalam Rangka Penguatan Ekonomi Nasional," di Hotel Nikko, Jakarta, Jumat (12/2/2010).
Sementara itu, informasi mengenai kedatangan para misi dagang asal Negeri Paman Sam tersebut diperoleh dari Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Sofjan Wanandi.
"Jumlahnya sekira 30 orang, awal Maret ini mereka datang, tanggal 1-4 Maret. Tapi mereka enggak mau publikasi gede-gedean. Yang datang ini yang punya semua (business owner)," ujarnya dalam kesempatan yang sama.



HASIL ANALISA PENELITIAN :
Menurut saya, kedatangan misi dagang ini bisa dimanfaatkan bagi perdagangan Indonesia. Perlu diperhatikan, Amerika hanya memiliki keunggulan di bidang-bidang tertentu saja yang bisa dimanfaatkan oleh Indonesia, seperti teknologi, infrastruktur, farmasi, dan industri jasa.



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar