Minggu, 18 Oktober 2009

KESANTUNAN PARAGRAF

Kesantunan Paragraf


A. PENGERTIAN
Paragraf merupakan bagian karangan yang terdiri atas beberapa kalimat yang berkaitan secara utuh dan padu serta membentuk satu kesatuan pikiran. Ada tiga persyaratan agar paragraf menjadi padu yaitu kepaduan, kesatuan, dan kelengkapan. Apabila sebuah paragraf itu bukan paragraf deskriptif atau naratif, secara lahiriah unsur paragraf itu berupa :

• Kalimat topik atau kalimat utama
• Kalimat pengembang atau kalimat penjelas
• Kalimat penegas
• Kalimat klausa, prosa, dan penghubung.

Dalam sebuah karangan yang utuh, fungsi utama paragraf, yaitu :
• Untuk menandai pembukaan atau awal ide/ gagasan baru
• Sebagai pengembang lebih lanjut tentang ide sebelumnya
• Sebagai penegasan terhadap gagasan yang diungkapan terlebih dahulu

B. PERSYARATAN PARAGRAF YANG BAIK
1. Kepaduan Paragraf
Untuk mencapai kepaduan, langkah-langkah yang harus ditempuh adalah kemampuan merangkai kalimat sehingga bertalian secara logis dan padu oleh karna itu digunakan kata penghubung.

Terdapat dua jenis kata penghubung, yaitu kata penghubung intrakalimatdan kata penghubung antarkalimat. Kata penghubung intrakalimat adalah kata yang menghubungkan anak kalimat dengan induk kalimat, sedangkan kata penghubung antarkalimat adalah kata yang menghubungkan kalimat yang satu dengan yang lainnya, contoh penghubung intrakalimat yaitu karena, sehingga, tetapi, sedangkan, apabila, jika, maka dan lain-lain. Contoh kata penghubung antarkalimat yakni oleh karena itu, jadi, kemudian, namun, selanjutnya, bahkan, dan lain-lain.

Kesesatan paragraf tersebut adalah karena belum terangkainya kalimat demi kalimat dengan baik.




• Paragraf A.(yang belum padu)

David Beckham adalah seorang pemain sepak bola yang sukses. Kehidupan David Beckham selalu bergelimang kekayaan dan kepopuleran. David Beckham masih terikat kontrak dengan real Madrid sampai Juni 2007. David Beckham sudah mengumumkan secara resmi kepindahannya ke LA Galaxy di Liga Amerika Serikat. David Beckham sudah meneken kontrak transfer 250 juta dolar AS. David Beckham banyak mendapatkan kritikan dan laporan diberbagai media massa. Masalah ini tetap membuat nama David Beckham populer dan menjadi buah bibir di jagat persepakbolaan dunia.

• Paragraf B (setelah digunakan kata penghubung)

David Beckham adalah seorang pemain sepak bola yang sukses. Buktinya, kehidupan David Beckham selalu bergelimang kekayaan dan kepopuleran. Walaupun masih terikat kontrak dengan real Madrid sampai Juni 2007. Bahkan, David Beckham sudah mengumumkan secara resmi kepindahannya ke LA Galaxy di Liga Amerika Serikat. David Beckham sudah meneken kontrak transfer 250 juta dolar AS. Akibat pemberitaan ini, David Beckham banyak mendapatkan kritikan dan laporan diberbagai media massa, tetapi, David Beckham tetap menjadi pemain sepak bola yang terpopuler dan menjadi buah bibir di jagat persepakbolaan dunia.


• Paragraf C ( setelah penggunaan kata penghubung dan kata ganti)

David Beckham adalah seorang pemain sepak bola yang sukses. Buktinya, suami Victoria Beckham selalu bergelimang kekayaan dan kepopuleran. Walaupun masih terikat kontrak dengan real Madrid sampai Juni 2007. Bahkan,mantan kapten Inggris ini sudah mengumumkan secara resmi kepindahannya ke LA Galaxy di Liga Amerika Serikat. Bahkan, pemain yang memiliki tendangan jarak jauh yang mematikan lawan ini sudah meneken kontrak transfer 250 juta dolar AS. Akibat pemberitaan ini, lelaki yang pernah berselisih dengan pelatihnya di Manchester United ini banyak mendapatkan kritikan dan laporan diberbagai media massa, tetapi, ayah dari Brooklyn,dan Romeo tetap menjadi pemain sepak bola yang terpopuler dan menjadi buah bibir di jagat persepakbolaan dunia.




Syarat paragraf yang baik adalah kesatuan yang berarti setiap paragraf hanya mengandung satu pokok pikiran . Pokok pikiran diwujudkan dalam kalimat utama. Kalimat utama diletakkan di awal paragraf (deduktif) atau di akhir paragraf (induktif).

2. Kesatuan Paragraf

Adalah tiap paragraf hanya mengandung satu pokok pikiran yang diwujudkan dalam kalimat utama. Kalimat utama yang diletakkan di awal paragraf dinamakan paragraf deduktif, sedangkan kalimat utama yang diletakkan di akhir paragraf disebut paragraf induktif.
Ciri-ciri dalam membuat kalimat utama yaitu kalimat yang dibuat harus mengandung permasalahan yang berpotensi untuk diperinci atau diuraikan lebih lanjut. Lalu, kalimat utama dapat dibuatlengkap dan berdiri sendiri tanpa memerlukan kata penghubung, baik kata penghubung antarkalimat maupun kata penghubung intrakalimat.
3. Kelengkapan Paragraf

Sebuah paragraf dikatakan lengkap apabila di dalamnya terdapat kalimat-kalimat penjelas secara lengkap untuk menunjuk pokok pikiran antar kalimat utama. Ciri-ciri kalimat penjelas yaitu berisi penjelasan berupa rincian, keterangan, contoh, dan lain-lain. Selain itu, kalimat penjelas berarti apabila dihubungkan dengan kalimat-kalimat di dalam paragraf. Paragraf dapat dikembangkan dengan cara pertentangan, perbandingan, analogi, contoh, sebab akibat, contoh, sebab akibat, definisi, dan klasifikasi.

C. PENGEMBANGAN PARAGRAF

1. Cara Pertentangan
Menggunakan ungkapan-ungkapan seperti berbeda dengan, bertentangan dengan, sedangkan, lain halnya dengan, akan tetapi, dan bertolak belakang dari.

2. Cara Perbandingan
Biasanya menggunakan ungkapan seperti serupa dengan, seperti halnya, demikian juga, sama dengan, sejalan dengan, akan tetapi, sedangkan, dan sementara itu.

3. Cara Analogi
Analogi adalah bentuk pengungkapan suatu objek yang dijelaskan dengan objek lain yang memiliki kesamaan atau kemiripan. Biasanya, pengembangan analogi dilakukan dengan bantuan kiasan. Kata-kata yang digunakan yaitu ibaratnya, seperti, dan bagaikan.
• Contoh pengembangan Analogi
Dalam persoalan Poso kita memang diingatkan bahwa penanganannya tidaklah mudah. Ibaratnya kita diminta untuk
memegang telur. Kalu terlalu keras memegangnya, telur itu akan pecah, tetapi kalau terlalu longgar juga akan pecah karena akan terlepas dari tangan. Kita harus menanganinya secara tepat dan yang harus menjadi perhatian kita bersama janganlah masalah ini membuat kita sebagai bangsa menjadi pecah. Kasihan para pahlawan dan mereka yang berharap masa depan
(Kompas, 2006 : 6)

4. Cara Contoh-contoh
Biasanya diungkapkan dengan kata misalnya, contohnya, dan lain-lain.

5. Cara Sebab Akibat
Pengembangan paragraf dengan sebab akibat dilakukan jika menerangkan suatu kejadian, baik dari segi penyebab maupun segi akibat. Ungkapan yang digunakan yaitu padahal, akibatnya, oleh karena itu dan karena.

6. Cara Definisi
Adalah,yaitu, ialah merupakan kata-kata yang digunakan dalam mengembangkan paragraf dengan cara definisi. Kata adalah biasanya digunakan jika sesuatu yang akan didefinisikan diawali dengan kata benda ,yaitu digunakan jika sesuatu yang akan didefinisikan diawali dengan kata kerja atau sifat.Jika akan menjelaskan sinonim suatu hal, kata ialah yang digunakan dan jika akan mendefinisikan pengertian rupa atau wujud, kata merupakan yang dipakai.

7. Cara Klasifikasi
Adalah pengembangan paragraf melalui pengelompokkan berdasarkan ciri-ciri tertentu. Ungkapan yang lazim digunakan yaitu dibagi, menjadi, digolongkan menjadi, terbagi menjadi, dan mengklasifikasikan.




Data Diri
Nama : Elsha Indah Cecilia
Kelas : 3 EB 03
NPM : 20207399
Nama Dosen : Drs. Sugito Martodiwiryo
Bahasa Indonesia

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar